0822 8849 1234 JL. HR. Subrantas Km. 14 Kv. 6 Tuah Madani Tampan, Pekanbaru - Riau | Jam Kantor : 07:30 – 18:00 |
IMG-LOGO
Beranda / Berita / SMK Dirgantara Riau Jadi Sekolah Pertama Penerbangan dan Perhotelan di Pekanbaru

SMK Dirgantara Riau Jadi Sekolah Pertama Penerbangan dan Perhotelan di Pekanbaru

21-04-2019
IMG-COURSE

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Yayasan Pena Intelektual Indonesia (YASPII) meresmikan SMK Dirgantara Riau, Jumat (12/4/2019). SMK yang bertempat di Jalan HR Soebrantas, Kav 6, Panam Pekanbaru ini, merupakan SMK yang dikhususkan untuk penerbangan dan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Riau.

Ketua Dewan Yayasan Pena Intelektual Indonesia (YASPII), Amiruddin Tumanggor mengatakan, tujuan didirikannya SMK penerbangan tersebut adalah dalam upaya memajukan pendidikan di Riau.

"Seiring dengan pesatnya persaingan industri penerbangan yang hiperkompetetif, maka diperlukan tenaga-tenaga supporting di bidang penerbangan yang handal dan berkualitas. SMK Dirgantara Riau hadir di Provinsi Riau untuk menjawab tantangan tersebut. Kami mempersiapkan tiga program keunggulan, yaitu Bidang Airframe Powerplant (AFP), Tata Niaga Penerbangan (TNP) dan Pariwisata dan Perhotelan (UPW)," jelas Amirudin.

Ia menjelaskan, peserta didik akan dibekali dengan keahlian di bidang tersebut dengan tenaga pengajar dari kalangan praktisi penerbangan, yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun.

"Kami juga memberikan pendidikan karakter berupa kedisiplinan, attitude, yang baik, budi pekerti, tanggung jawab, peduli, religius, toleransi, jujur, kreatif, inovatif dan mandiri. Sehingga lulusan kami siap berkarir ataupun melanjutkan ke sekolah tinggi. SMK Dirgantara menawarkan solusi yang cerdas untuk mempercepat akselerasi proses pembangunan nasional khususnya di daerah Riau," cakapnya lagi.

Ia menjelaskan, bahwa pada tahun ajaran 2019 ini, SMK Dirgantara Riau membuka 10 kelas dan masing-masing kelas diisi 35 orang. Ia juga mengakui bahwa peminatnya cukup ramai terbukti saat ini sudah hampir 1000 calon siswa yang daftar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang hadir sekaligus meresmikan SMK itu mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung didirikannya SMK tersebut.

"Perlu diketahui bahwa urusan pendidikan adalah urusan pemerintah. Namun demikian karena keterbatasan anggaran oleh pemerintah maka perlu kerjsama pihak swasta. Dan pada hari ini sama menyaksikan kami pemerintah atas keikutsertaan anak bangsa, kami bangga," cakapnya.

Ia menambahkan, apa yang dicanangkan dan diresmikan YASPII ini tepat. Pekanbaru, dikatakannya menjadi menjadi pusat perkembangan daerah kawasan di Sumatera.

"Maka peningkatan SDM perlu, lihat pekanbaru tidaklah memiliki SDA. Maka dari itu kita bicara SDM. Nah dengan adanya SMK Dirgantara ini sangat tepat untuk warna dari SDM itu sendiri, karena kita ingin anak anak kita mampu disegala bidang," imbuhnya.

Penulis : Satria Yonela
Editor : Jef Syahrul
Kategori : PendidikanKota Pekanbaru

 

Sumber: https://www.cakaplah.com/berita/baca/2019/04/12/smk-dirgantara-riau-jadi-sekolah-pertama-penerbangan-dan-perhotelan-di-pekanbaru#sthash.dgM3Uc2F.dpbs